4 Tujuan Manajemen Kinerja yang Penting untuk Perusahaan

Back to Pos
tujuan manajemen kinerja

Kesuksesan suatu perusahaan atau organisasi hanya bisa dicapai apabila didukung oleh tim sumber daya manusia (SDM) yang solid. Jadi, tidak berlebihan rasanya mengatakan bahwa SDM merupakan aset penting bagi sebuah perusahaan.

Namun, mengingat SDM pasti memiliki pemikiran dan sikap yang berbeda, dibutuhan suatu perencanaan dan pengorganisasian agar SDM bisa kompak dan memberikan performa optimal. Artinya, penting bagi perusahaan untuk menyusun tujuan manajemen kinerja.

Dalam hal ini manajemen kinerja dapat diartikan sebagai proses sistematis yang melibatkan perusahaan dan karyawan untuk mencapai tujuan atau target bisnis melalui pengelolaan SDM secara efektif.

Lebih dari itu, masih ada beberapa tujuan manajemen kinerja lainnya yang juga penting bagi perusahaan. Berikut beberapa di antaranya.

Banner KaryaOne - Software Talent Management Terbaik

4 Tujuan Manajemen Kinerja

Penyusunan target dan rencana perusahaan

Salah satu tahap penerapan manajemen kinerja adalah fase perencanaan. Dalam fase ini, biasanya pihak manajemen berkumpul untuk menyusun target dan rencana perusahaan.

Karena bersifat top-down, maka setelah itu pihak manajemen akan mengomunikasikan target dan rencana tersebut ke karyawan hingga level terendah.

Dengan adanya target dan rencana yang jelas, karyawan jadi tahu apa yang harus dilakukan sehingga mereka bisa bekerja dengan fokus.

Lalu, walaupun karyawan bekerja secara individu sesuai job desc masing-masing, pekerjaan mereka masih akan sejalan dengan target bisnis yang telah ditentukan.

Berdasarkan target dan rencana pula, manager atau atasan bisa mengidentifikasi key result karyawan secara individual.

Menciptakan komunikasi efektif antar individu dan tim

Umumnya, karyawan di perusahaan memang bekerja secara individu. Namun, kerja sama tim tetaplah diperlukan untuk memastikan agar seluruh aspek sejalan dengan target yang ditentukan perusahaan.

Itulah alasan pentingnya komunikasi efektif sangat diperlukan. Komunikasi merupakan salah satu kunci penting keberhasilan performa tim.

Jangan sampai target perusahaan tidak tercapai hanya karena terjadi miskomunikasi atau karyawan tidak berkomunikasi satu sama lain.

Salah satu cara untuk menciptakan lingkungan tim dengan komunikasi efektif adalah rutin melaksanakan sesi one-on-one antara manajer atau atasan dengan masing-masing anggota tim.

Dari sini, tujuan manajemen kinerja dapat diketahui berdasarkan perkembangan masing-masing SDM. Sebaliknya, karyawan juga bisa menyampaikan kesulitan yang mungkin dihadapi.

Cara lain adalah dengan memberikan feedback yang membangun kepada karyawan, bisa melalui performance review atau appraisal.

Memberikan ekspektasi yang jelas pada manajer dan karyawan

Melalui susunan tujuan manajemen kinerja, pihak manajer dan karyawan lebih efektif dan efisien dalam mengatur ekspektasi yang ingin dicapai sejak awal.

Jangan hanya memberi tahu karyawan soal job desc yang harus dikerjakannya. Namun, sampaikan pula ekspektasi Anda kepada karyawan tersebut, hasil seperti apa yang ingin Anda dapatkan agar target perusahaan tercapai.

Di sisi lain, karyawan berhak menyampaikan pendapatnya apabila ekspektasi tersebut dirasa terlalu besar. Jika sudah mencapai kesepakatan, tuliskan hal tersebut dalam dokumen tertentu. Cantumkan pula nama karyawan di dokumen tersebut.

Pada sesi one-on-one, tanyakan tentang progress yang sudah dicapai karyawan dalam memenuhi ekspektasi tersebut.

Pengembangan sumber daya manusia

Manajemen kinerja memungkinkan Anda untuk mengetahui performa karyawan di perusahaan. Apabila Anda mendapati ada karyawan yang mungkin kurang perform, produktivitasnya menurun, atau bekerja tidak sesuai ekspektasi, Anda bisa merancang pelatihan atau training untuk membantu karyawan kembali on track.

Hal ini tentu bisa mendukung self-improvement karyawan tersebut. Setelah mengikuti training, harapannya ia akan lebih terampil dan memiliki skill yang bertambah.

Karyawan dengan skill meningkat tentu akan menjadi aset yang berharga bagi perusahaan.

Lebih dari sekadar pengoptimalan kinerja karyawan, tujuan manajemen kinerja atau performance management dapat membantu perusahaan untuk mencapai target secara efektif.

Keempat tujuan di atas menunjukkan betapa pentingnya penerapan manajemen kinerja di perusahaan. Semoga bermanfaat!

Referensi : vantagecircle.com

____________

KaryaOne adalah aplikasi HR, payroll dan manajemen kinerja berbasis web untuk mengelola administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, penggajian hingga menilai kinerja karyawan.

Coba Gratis KaryaOne Sekarang atau Hubungi Kami untuk konsultasi dan melihat fitur KaryaOne apa saja yang dapat membantu bisnis Anda.

Banner KaryaOne - Solusi HR, Payroll dan Talent management Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Pos