Perbedaan Visi & Misi Perusahaan Beserta Contoh

visi misi perusahaan

Apakah Anda memiliki satu atau beberapa merek (brand) yang selalu Anda gunakan padahal ada banyak brand lain yang memiliki kualitas lebih baik atau harga yang lebih murah? Misalnya saja brand makanan, baju atau make up yang tak pernah Anda ganti selama bertahun-tahun.

Banyak pelanggan setia seperti itu karena nilai-nilai yang ada pada brand favorit mereka. Brand terbaik menggabungkan elemen fisik, emosi dan logis kepada pengalaman pelanggan. Di sisi lain, tak mudah melakukan hal tersebut dan memiliki banyak pelanggan setia.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah membuat serta menerapkan visi dan misi perusahaan yang efektif dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Perbedaan Visi dan Misi

Perlu Anda pahami bahwa visi adalah suatu pandangan jauh ke depan mengenai tujuan organisasi maupun perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapainya.

Sementara itu misi merupakan pernyataan tentang apa saja hal yang harus dilakukan organisasi atau perusahaan untuk mencapai atau mewujudkan visi perusahaan.

Setelah mengetahui perbedaan visi dan misi, lalu seperti apa contoh visi misi perusahaan yang cocok untuk Anda terapkan bagi perusahaan Anda?

Contoh Visi Misi Perusahaan

1. Life is Good

“To Spread The Power of Optimism”

Brand yang terkenal dengan nama Life is Good ini tidak hanya menyebarkan sikap optimis, namun juga kampanye positif dengan slogan seperti “Seas The Day” dan “Forecast: Mostly Sunny“.

Visi misi perusahaan Life is Good dianggap melebihi nilai atau misi perusahaan umumnya karena dirancang untuk menyebarkan sikap optimis.

Untuk semakin mewujudkannya, Life is Good kemudian merancang kampanye #GrowTheGood dan mendirikan yayasan dengan nama Life is Good Kids Foundation yang bertujuan membantu pendidikan dan kesehatan anak-anak di dunia.

2. Sweetgreen

“To Inspire Healthier Communities by Connecting People to Real Food”

Misi Sweetgreen menjelaskan tentang upaya mereka untuk membangun jaringan antar petani yang menanam bahan-bahan segar untuk dikonsumsi menjadi makanan sehat. Kalimat yang mengatakan “menghubungkan orang-orang” membuat pernyataan Sweetgreen sangat kuat.

Tidak hanya melayani masyarakat melalui toko mereka, Sweetgreen juga memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai asal makanan yang sehat, pola hidup sehat dan juga bagaimana cara makan yang sehat.

3. Patagonia

“Built The Best Product, Cause No Unnecessary Harm, Use Business To Inspire and Implement Solutions To The Environmental Crisis”

Statement misi Patagonia mengkombinasikan nilai yang membawa mereka sukses dalam sektor bisnis dan nilai yang berkontribusi untuk menciptakan dunia yang lebih baik.

Baca juga:  3 Cara Mempercepat Proses Rekrutmen Karyawan

Patagonia menjalankan misi tersebut salah satunya dengan menyumbangkan 1% keruntungan mereka kepada sejumlah kelompok pecinta lingkungan yang tersebar di seluruh dunia.

4. American Express

“We Work Hard Everyday To Make American Express The World’s Most Respected Service Brand”

Tampak jelas bahwa American Express bertujuan menjadi perusahaan kartu kredit nomor satu dan terbaik di Amerika. Mereka menomorsatukan pelayanan jasa terhadap pelanggan mereka dengan kualitas terbaik.

Visi dan misi American Express juga mencakup penekanan terhadap kerja sama tim dan dukungan terhadap karyawan sehingga semua orang yang ada di dalam perusahaan memiliki kondisi terbaik untuk melayani pelanggan.

5. Warby Parker

“To Offer Designer Eyewear At a Revolutionary Price, While Leading The Way For Socially-Conscious Business”

Visi dan misi Warby Parker merepresentasikan jati diri yang revolusioner dan berani serta berjiwa sosial. Dalam kalimat mereka, brand ini mengajak pelanggan untuk melihat alasan mengapa brand ini didirikan dan juga mengungkapkan visinya demi masa depan yang lebih baik.

Misi mereka yang lengkap berbunyi, “We believe that buying glasses should be easy and fun. It should leave you happy and good-looking, with money in your pocket”.

Kalimat tersebut menunjukkan bahwa Warby Parker mendorong pelanggan untuk menjadi diri mereka sendiri.

6. InvisionApp

“Question Assumptions. Think Deeply. Iterate as a Lifestyle. Details, Details. Design is Everywhere. Integrity”

Salah satu hal yang membedakan InvisionApp dari perusahaan lainnya adalah penjelasan tentang visi misi yang dicantumkan pada website mereka. Setiap misi yang mereka buat bisa Anda baca di masing-masing ikon yang ada di bagian “Our Core Values”.

InvisionApp memilih untuk tegas dalam menyampaikan visi misi serta nilai yang mereka tanamkan dalam perusahaan dengan menggunakan pemilihan kata yang singkat.

7. Honest Tea

” … To Create and Promote Great-Tasting, Healthy, Organic Beverages”

Visi dan misi Honest Tea menjelaskan bahwa produk mereka merupakan produk yang asli dan sehat. Nama brand mereka sendiri juga merupakan representasi dari kualitas produk yang dihasilkan.

Setiap bulannya, Honest Tea juga menerbitkan Mission Report yang merupakan bentuk transparansi mereka mengenai bisnis yang dilakukan untuk mempromosikan hidup yang sehat dengan mengkonsumsi produk organik.

8. IKEA

“To Create a Better Everyday Life For The Many People”

Brand furnitur pada umumnya membuat visi dan misi yang tentu saja berhubungan dengan produk furnitur. Namun IKEA memilih untuk fokus dalam membuat hari yang lebih baik bagi pelanggan mereka.

Ide bisnis mereka dirancang untuk mendukung visi misi perusahaan tersebut agar banyak orang bisa memiliki barang atau furnitur yang mereka butuhkan.

Baca juga:  Inilah 10 Profesi dengan Gaji Terbesar di Indonesia

Penggunaan kata-kata “as many people as possible” atau “sebanyak mungkin orang” membuat brand besar seperti IKEA mampu menarik perhatian banyak orang dari kalangan apapun.

9. Nordstrom

“… To Give Customers The Most Compelling Shopping Experience Possible”

Dapat dikatakan bahwa Nordstrom adalah salah satu perusahaan yang sangat memperhatikan pelanggannya. Walaupun mereka tak menyebutkan tentang produk dalam visi misi perusahaan, namun Nordstrom jelas mengatakan bahwa mereka menomorsatukan kepuasan pelanggan.

Nordstrom menjamin pelanggan untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik ketika berbelanja di toko mereka. Para karyawan dipastikan akan membantu semua kebutuhan pelanggan agar bisa mendapatkan pengalaman berbelanja terbaik.

10. Cradles to Crayon

“… Provides Children From Birth Through Age 12, Living In Homeless Or Low-Income Situations, With The Essential Items The Need To Thrive – At Home, At School and At Play”

Cradles to Crayon memisahkan misi dan model bisnis mereka ke dalam tiga sektor yang terbentuk seperti sebuah strategi yaitu The Need, The Mission, dan The Model. Rangkaian ini dibuat agar mudah diingat dan dimengerti oleh karyawan dan pelanggannya.

11. Universal Health Services, Inc:

“To Provide Superior Quality Healthcare Services That: PATIENTS Recommend To Family and Friends, PHYSICIANS Prefer For Their Patients, PURCHASER Select For Their Clients, EMPLOYEES Are Proud Of, and INVENTORS Seek For Long-Term Returns”

Perusahaan akan sukses ketika pelanggan, karyawan, mitra dan para investornya merasa puas dan hal inilah yang berusaha dilakukan oleh Universal Health Services.

Sebagai perusahaan yang melayani kesehatan, mereka secara khusus berusaha untuk menyenangkan pasien, dokter, pembeli, karyawan, dan investornya.

12. JetBlue:

“… To Inspire Humanity – Both In The Air and On The Ground”

JetBlue berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang menerapkan strategi marketing yang ramah, rekan kerja sama yang peduli akan kebutuhan sosial dan juga menghadirkan program-program yang dapat membangun lingkungan menjadi lebih baik.

Salah satu contohnya adalah dengan salah satu tujuan mereka untuk mendorong kemanusiaan yang ada di masyarakat.

Selain itu, ada banyak program JetBlue seperti Soar With Reading, kerja sama dengan KaBOOM!, yayasan JetBlue, pembuatan laporan mengenai kondisi lingkungan dan sosial dan sebagainya.

Seluruh visi misi perusahaan JetBlue dibuat dengan header besar, poin-poin dan juga link ke halaman website di mana pengunjung bisa mempelajari JetBlue secara lebih dalam lagi.

Sumber:
HubSpot: 12 Truly Inspiring Company Vision and Mission Statement Examples

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *