Perbedaan Visi & Misi Perusahaan Beserta Contoh

visi misi perusahaan

Visi, misi perusahaan merupakan hal dasar yang penting dalam mendirikan perusahaan. Kedua hal tersebut menjadi panduan arah perkembangan perusahaan layaknya kompas.  Sebenarnya tidak hanya untuk perusahaan tapi juga organisasi dan lembaga.

Meskipun hanya terdiri dari beberapa kalimat, tapi sering kali visi, misi organisasi/perusahaan membuat orang-orang bingung. Selama beberapa hari pemilik bisnis mencari inspirasi tapi tak kunjung juga mendapat ilham.

Namun jika terlalu lama memikirkan visi dan misi, operasional perusahaan jadi tidak bisa dimulai.  Apakah visi dan misi perusahaan perlu diabaikan saja?

Mengapa perusahaan perlu visi misi?

Tingkat kepentingan visi dan misi tergantung pada skala perusahaan Anda. Apabila skala Anda masih umkm, sebaiknya Anda tidak perlu terlalu pusing memikirkan visi misi.

Namun jika perusahaan Anda mulai berkembang, visi dan misi menjadi hal yang perlu Anda pikirkan lebih serius.  Mengapa? Ada beberapa alasan perusahaan perlu visi misi.

1. Penting saat perusahaan ingin mencari pendanaan, baik melalui investor atau perbankan.

Visi dan misi perusahaan menunjukan arah yang yang ingin dituju perusahaan. Visi dan misi memudahkan orang untuk tahu apa yang ingin dicapai perusahaan dan bagaimana perusahaan mencapainya.

2. Salah satu cara untuk menciptakan budaya perusahaan.

Dalam menciptakan sistem kerja yang produktif, karyawan perlu merasa selaras dengan nilai-nilai perusahaan. Dari visi dan misi perusahaanlah karyawan tahu apakah nilai-nilainya sebagai individu selaras dengan nilai-nilai perusahaan. Kesesuaian ini akan memudahkan karyawan bekerja sama, yang kemudian tercipta budaya kerja yang positif.

3. Untuk memudahkan pengambilan keputusan

Pihak Manajemen dan karyawan juga perlu panduang dalam mengambil keputusan tentang produk yang dibuat, bagaimana produk disampaikan ke konsumen, branding dll.  Arah bisnis yang jelas akan membedakan perusahaan Anda dari perusahaan yang lain.

Ketika orang mulai menyadari beban berat dalam menentukan visi dan misi, terkadang mereka jadi semakin bingung dalam membuatnya.

banner_karyaone

Perbedaan Visi dan Misi

Untuk memahai perbedaan visi dan misi, Anda perlu memahami pengertian visi dan misi.  Visi adalah tujuan yang ingin dicapai, suatu pandangan jauh di masa mendatang mengenai tujuan organisasi maupun perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapainya.

Sementara itu misi merupakan pernyataan tentang apa saja hal yang harus dilakukan organisasi atau perusahaan untuk mewujudkan atau mencapai visi perusahaan.

Setelah mengetahui perbedaannya, lalu seperti apa contoh visi misi perusahaan yang cocok untuk Anda terapkan bagi perusahaan Anda?

Bagaimana cara membuat visi dan misi yang tepat untuk perusahaan Anda?

1. Cara membuat visi perusahaan

  1. Visi perusahaan biasanya terdiri dari 1 kalimat atau beberapa paragraf.
  2. Visi perusahaan menyediakan arah yang dituju perusahaan
  3. Sifatnya memberi inspirasi dan motivasi
  4. Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
    – Siapa yang bisnis Anda bantu?
    – Bagaimana cara bisnis Anda membantu mereka?
    – Bagaimana bisnis Anda membuat dunia menjadi lebih baik?
    – Apa kelebihan dan kekurang bisnis Anda?
    – Apa nilai-nilai yang diusung oleh bisnis Anda?
    – Apa tujuan bisnis Anda?
  5. Berdasarkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu, pilih kata-kata yang paling menggambarkan apa yang ingin Anda capai.
  6. Tulis semua ide yang Anda miliki, tentukan yang paling sesuai untuk bisnis Anda.

2. Cara membuat misi perusahaan

  1. Misi harus menyampaikan bahwa bisnis Anda ada untuk mencegah/menyelesaikan masalah tertentu.
  2. Misi menunjukan nilai-nilai perusahaan
  3. Misi membuat orang terinspirasi untuk bekerja di perusahaan Anda.
  4. Misi mengakar ke bisnis Anda
  5. Jawab pertanyaan berikut :
    – produk apa yang Anda jual
    – nilai-nilai apa yang Anda gunakan dalam membuat produk Anda (contoh : hanya dengan kualitas terbaik, proses yang menjaga lingkungan, mengutamakan kreativitas dll)
  6. Mempertimbangkan ciri-ciri misi di atas, tulis semua ide Anda.
  7. Buat kalimat yang pendek dan jelas. Hindari membuat esai.
  8. Pikirkan misi ini dalam periode jangka panjang.
  9. Tidak perlu takut, Anda selalu bisa mengubah misi jika ada perubahan di masa datang.

Contoh Visi dan Misi Perusahaan

Membuat visi dan misi akan lebih mudah dengan melihat contoh. Di bawah ini ada beberapa contoh visi dan misi dari berbagai perusahaan yang dapat Anda gunakan sebagai inspirasi.

1. Contoh Visi dan Misi Perusahaan di Bidang Fashion/Baju

a. Life is Good

“To Spread The Power of Optimism”

Brand kaos printing yang terkenal dengan nama Life is Good ini tidak hanya menyebarkan sikap optimis, namun juga kampanye positif dengan slogan seperti “Seas The Day” dan “Forecast: Mostly Sunny“.

Visi misi perusahaan Life is Good dianggap melebihi nilai atau misi perusahaan umumnya karena dirancang untuk menyebarkan sikap optimis.

Untuk semakin mewujudkannya, Life is Good kemudian merancang kampanye #GrowTheGood dan mendirikan yayasan dengan nama Life is Good Kids Foundation yang bertujuan membantu pendidikan dan kesehatan anak-anak di dunia.

b. Patagonia

“Built The Best Product, Cause No Unnecessary Harm, Use Business To Inspire and Implement Solutions To The Environmental Crisis”

Statement misi Patagonia mengkombinasikan nilai yang membawa mereka sukses dalam industri pakaian outdoor (naik gunung) dan nilai yang berkontribusi untuk menciptakan dunia yang lebih baik.

Patagonia menjalankan misi tersebut salah satunya dengan menyumbangkan 1% keruntungan mereka kepada sejumlah kelompok pecinta lingkungan yang tersebar di seluruh dunia.

c. American Express

“We Work Hard Everyday To Make American Express The World’s Most Respected Service Brand”

Tampak jelas bahwa American Express bertujuan menjadi perusahaan kartu kredit nomor satu dan terbaik di Amerika. Mereka menomorsatukan pelayanan jasa terhadap pelanggan mereka dengan kualitas terbaik.

Visi dan misi American Express juga mencakup penekanan terhadap kerja sama tim dan dukungan terhadap karyawan sehingga semua orang yang ada di dalam perusahaan memiliki kondisi terbaik untuk melayani pelanggan.

d. Warby Parker

“To Offer Designer Eyewear At a Revolutionary Price, While Leading The Way For Socially-Conscious Business”

Visi dan misi Warby Parker merepresentasikan jati diri yang revolusioner dan berani serta berjiwa sosial. Dalam kalimat mereka, brand ini mengajak pelanggan untuk melihat alasan mengapa brand ini didirikan dan juga mengungkapkan visinya demi masa depan yang lebih baik.

Misi mereka yang lengkap berbunyi, “We believe that buying glasses should be easy and fun. It should leave you happy and good-looking, with money in your pocket”.

Kalimat tersebut menunjukkan bahwa Warby Parker mendorong pelanggan untuk menjadi diri mereka sendiri.

e. Nordstrom

“… To Give Customers The Most Compelling Shopping Experience Possible”

Dapat dikatakan bahwa Nordstrom adalah salah satu perusahaan yang sangat memperhatikan pelanggannya. Walaupun mereka tak menyebutkan tentang produk dalam visi misi perusahaan, namun Nordstrom jelas mengatakan bahwa mereka menomorsatukan kepuasan pelanggan.

Nordstrom menjamin pelanggan untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik ketika berbelanja di toko mereka. Para karyawan dipastikan akan membantu semua kebutuhan pelanggan agar bisa mendapatkan pengalaman berbelanja terbaik.

2. Contoh Visi dan Misi Perusahaan di Bidang Makanan

a. Sweetgreen

“To Inspire Healthier Communities by Connecting People to Real Food”

Misi Sweetgreen menjelaskan tentang upaya mereka untuk membangun jaringan antar petani yang menanam bahan-bahan segar untuk dikonsumsi menjadi makanan sehat. Kalimat yang mengatakan “menghubungkan orang-orang” membuat pernyataan Sweetgreen sangat kuat.

Tidak hanya melayani masyarakat melalui toko mereka, Sweetgreen juga memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai asal makanan yang sehat, pola hidup sehat dan juga bagaimana cara makan yang sehat.

Saya ingin dapat newsletter tentang tips HRD

weekly newsletter, unsubscribe kapan saja

b. Honest Tea

” … To Create and Promote Great-Tasting, Healthy, Organic Beverages”

Visi dan misi Honest Tea menjelaskan bahwa produk mereka merupakan produk yang asli dan sehat. Nama brand mereka sendiri juga merupakan representasi dari kualitas produk yang dihasilkan.

Setiap bulannya, Honest Tea juga menerbitkan Mission Report yang merupakan bentuk transparansi mereka mengenai bisnis yang dilakukan untuk mempromosikan hidup yang sehat dengan mengkonsumsi produk organik.

3. Contoh Visi dan Misi Startup

a. InvisionApp

“Question Assumptions. Think Deeply. Iterate as a Lifestyle. Details, Details. Design is Everywhere. Integrity”

Salah satu hal yang membedakan InvisionApp dari perusahaan lainnya adalah penjelasan tentang visi misi yang dicantumkan pada website mereka. Setiap misi yang mereka buat bisa Anda baca di masing-masing ikon yang ada di bagian “Our Core Values”.

InvisionApp memilih untuk tegas dalam menyampaikan visi misi serta nilai yang mereka tanamkan dalam perusahaan dengan menggunakan pemilihan kata yang singkat.

4. Contoh Visi dan Misi Perusahaan Jasa

a. Cradles to Crayon

“… Provides Children From Birth Through Age 12, Living In Homeless Or Low-Income Situations, With The Essential Items The Need To Thrive – At Home, At School and At Play”

Cradles to Crayon memisahkan misi dan model bisnis mereka ke dalam tiga sektor yang terbentuk seperti sebuah strategi yaitu The Need, The Mission, dan The Model. Rangkaian ini dibuat agar mudah diingat dan dimengerti oleh karyawan dan pelanggannya.

b. Universal Health Services, Inc:

“To Provide Superior Quality Healthcare Services That: PATIENTS Recommend To Family and Friends, PHYSICIANS Prefer For Their Patients, PURCHASER Select For Their Clients, EMPLOYEES Are Proud Of, and INVENTORS Seek For Long-Term Returns”

Perusahaan akan sukses ketika pelanggan, karyawan, mitra dan para investornya merasa puas dan hal inilah yang berusaha dilakukan oleh Universal Health Services.

Sebagai perusahaan yang melayani kesehatan, mereka secara khusus berusaha untuk menyenangkan pasien, dokter, pembeli, karyawan, dan investornya.

c. JetBlue:

“… To Inspire Humanity – Both In The Air and On The Ground”

JetBlue berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang menerapkan strategi marketing yang ramah, rekan kerja sama yang peduli akan kebutuhan sosial dan juga menghadirkan program-program yang dapat membangun lingkungan menjadi lebih baik.

Salah satu contohnya adalah dengan salah satu tujuan mereka untuk mendorong kemanusiaan yang ada di masyarakat.

Selain itu, ada banyak program JetBlue seperti Soar With Reading, kerja sama dengan KaBOOM!, yayasan JetBlue, pembuatan laporan mengenai kondisi lingkungan dan sosial dan sebagainya.

Seluruh visi misi perusahaan JetBlue dibuat dengan header besar, poin-poin dan juga link ke halaman website di mana pengunjung bisa mempelajari JetBlue secara lebih dalam lagi.

5. Contoh Visi dan Misi Perusahaan Retail

a. IKEA

“To Create a Better Everyday Life For The Many People”

Brand furnitur pada umumnya membuat visi dan misi yang tentu saja berhubungan dengan produk furnitur. Namun IKEA memilih untuk fokus dalam membuat hari yang lebih baik bagi pelanggan mereka.

Ide bisnis mereka dirancang untuk mendukung visi misi perusahaan tersebut agar banyak orang bisa memiliki barang atau furnitur yang mereka butuhkan.

Penggunaan kata-kata “as many people as possible” atau “sebanyak mungkin orang” membuat brand besar seperti IKEA mampu menarik perhatian banyak orang dari kalangan apapun.

Sumber:
HubSpot: 12 Truly Inspiring Company Vision and Mission Statement Examples

__________
KaryaONE adalah Software HR dan Payroll System Indonesia yang membantu menyederhanakan proses administrasi SDM, sehingga Anda bisa lebih fokus pada bisnis Anda. Solusi yang kami berikan meliputi pengelolaan absensi, cuti, izin, lembur, penggajian, dan talent management. KaryaONE terjangkau bagi semua kalangan pelaku bisnis, mulai dari UKM, UMKM hingga korporasi. Gunakan KaryaONE sekarang juga, coba gratis 30 Hari atau undang demo.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *