Jangan Katakan 11 Hal Ini Saat Wawancara Kerja

interview kerja

Jika Anda berhasil memasuki tahap interview sebuah perusahaan, maka ini saatnya Anda tampil dan membuat kesan yang baik. Setiap kalimat yang Anda ucapkan akan menjadi bagian dari kesan yang tersampaikan tersebut.

Agar berjalan dengan lancar dan sukses, sebaiknya Anda ingat untuk tidak mengatakan 11 hal ini pada saat proses interview.

Ingin Sukses Wawancara Kerja, Jangan Katakan 11 Hal Ini

1. Itu adalah pertanyaan yang sangat bagus

Walaupun kalimat ini bisa menjadi pelengkap dalam sebuah komunikasi antar individu, namun kalimat ini tidak seharusnya didengar oleh pihak yang menginterview Anda.

Alih-alih Anda terkejut dengan pertanyaan yang diajukan, sebaiknya Anda mengingat apa saja persiapan yang telah Anda lakukan untuk menjawab berbagai macam pertanyaan.

Jangan mencoba untuk terlalu menyanjung pewawancara Anda, melainkan langsung jawab dengan tegas setiap pertanyaan yang diberikan.

2. Bisa dijelaskan kembali tentang posisi pekerjaan ini?

Pertanyaan seperti itu menunjukkan bahwa Anda tidak melakukan persiapan atau mencari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut, termasuk posisi yang Anda lamar.

Mempersiapkan diri Anda untuk interview kerja sama pentingnya dengan persiapan Anda saat akan mengikuti ujian akhir.

Bertanya sesuatu terhadap pewawancara memang bukan hal yang salah, namun pastikan pertanyaan tersebut memang hanya bisa dijawab langsung oleh pewawancara, Misalnya mengenai budaya perusahaan, nilai yang ada di perusahaan dan sebagainya.

3. Saya belum pernah bekerja dalam bidang ini sebelumnya, tapi …

Tidak perlu mengutarakan kekurangan Anda secara gamblang, karena pewawancara bisa mengetahui pengalaman kerja Anda dari CV. Bahkan Anda bisa “mengembangkan” CV Anda dengan langsung membicarakan tentang kemampuan Anda.

Baca juga:  9 Skill Penting Human Resources Management

Sampaikan alasan-alasan mengapa Anda cocok untuk posisi yang dilamar dengan hal-hal yang belum disebutkan dalam CV.

4. Saya tidak bisa membayangkan ada orang lain yang lebih cocok daripada saya untuk pekerjaan ini

Terlalu menyombongkan diri pada saat wawancara tidak akan berujung baik bagi Anda. Mengatakan kalimat seperti itu tidak akan berguna karena Anda tidak melihat CV pelamar lainnya dan tidak bisa membandingkan kemampuan diri Anda dengan mereka.

Salah satu kunci untuk sukses dalam interview adalah memaparkan dengan baik dan detail mengenai apa yang membuat diri Anda lebih spesial daripada yang lainnya.

5. Atasan saya sebelumnya sangat buruk

Coba untuk tidak mengeluh tentang atasan atau kantor dan pekerjaan Anda sebelumnya. Mengeluh soal bagaimana Anda tidak cocok pada lingkungan kerja yang sebelumnya akan membawa dua masalah.

Pertama, hal ini menunjukkan ketidakmampuan Anda untuk menghadapi sesuatu yang menantang. Yang kedua, pihak pewawancara tidak butuh cerita buruk mengenai kondisi kantor Anda sebelumnya.

Lebih baik Anda menceritakan mengenai tantangan seperti apa yang dihadapi di perusahaan sebelumnya, bukan keluhan Anda.

6. Bekerja di sini merupakan sebuah batu loncatan bagi karir saya selanjutnya

Walaupun benar, namun jangan sampai pihak pewawancara mendengar kalimat tersebut. Perekrut pada dasarnya mencari seseorang yang bisa bekerja dan berkomitmen di perusahaan mereka untuk jangka waktu yang panjang.

Lebih baik Anda menanyakan tentang kesempatan dan perkembangan seperti apa yang bisa Anda dapatkan di perusahaan tempat Anda melamar.

7. Saya tidak tahu

Selalu ada cara untuk menjawab pertanyaan yang Anda tidak mengerti dengan kalimat lain selain “tidak tahu”. Tidak salah memang untuk jujur karena Anda tidak yakin akan jawaban pasti, namun di sinilah Anda harus berpikir kreatif dalam berkomunikasi menyampaikan kalimat terbaik untuk menjawabnya.

Baca juga:  3 Pertanyaan Interview untuk Mendapat Kandidat Millennials Terbaik

8. Saya tidak punya pertanyaan untuk Anda

Menyiapkan pertanyaan saat interview untuk perusahaan yang Anda lamar sama pentingnya dengan mempersiapkan diri dalam menjawab pertanyaan.

Pertanyaan yang Anda ajukan adalah kesempatan bagi Anda untuk menggali lebih dalam mengenai informasi perusahaan dan menunjukkan ketertarikan Anda berkerja di perusahaan tersebut.

9. (baju/benda lain yang dipakai) Anda bagus sekali

Upaya untuk menyanjung pewawancara Anda kemungkinan besar akan gagal, apalagi jika berkaitan dengan penampilan atau benda pribadi.

Jika Anda benar-benar ingin memuji pewawancara, sampaikan sesuatu yang terkait dengan apa yang mereka lakukan dalam perusahaan. Anda juga bisa membicarakan mengenai kesuksesan perusahaan tersebut.

10. Jadi begini, hmmm, ya, hmmm, saya, hmmm

Dalam situasi apapun, pastikan Anda tetap percaya diri dan cerdas. Jangan terbata-bata atau bingung dan tegang, atasi hal itu dengan latihan berbicara hal-hal yang ingin disampaikan saat interview. Latihan akan membantu Anda untuk menjawab apapun saat Anda interview.

11. Apa umumnya orang-orang senang bekerja di sini?

Jangan coba menanyakan hal yang bisa dibilang aneh atau menyinggung. Melainkan sampaikan pertanyaan seputar budaya perusahaan atau bentuk kerja sama yang biasa diterapkan.

Sumber:
FastCompany: Never Say These 11 Things During A Job Interview (Unless You Don’t Want The Job)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *